Tips Sehat Hadapi Hidangan Serba Daging Saat Perayaan Idul Adha

oleh Admin

2019-08-08 09:42:20   |  Dibaca 43 kali

Jelang Idul Adha, umat muslim di seluruh duniapun mulai menyambut kedatangan hari yang bahagia ini. Pekik Takbir mulai menggema di masjid-masjid, musala, maupun majelis-majelis. Dan tak bisa dipungkiri lagi bahwa datangnya Idul Adha, juga berarti akan dihadapakan dengan hidangan serba daging sapi ataupun kambing.Agar dapat merayakan  hari raya idul adha bersama keluarga, maka menjaga kesehatan tubuh perlu dilakukan. Apalagi keluarga menanti-nanti hidangan idul adha yang indentik dengan daging kambing dan sapi.

 

Agar dapat merayakan hari raya idul adha bersama keluarga, maka menjaga kesehatan tubuh perlu dilakukan. Apalagi keluarga menanti-nanti hidangan idul adha yang indentik dengan daging kambing dan sapi. Makanan olahan dari kedua hewan tersebut merupakan hidangan lezat namun tinggi kandungan kolesterol. Untuk mencegah darah tinggi dan kolesterol naik, ikuti tips sehat berikut.

Berikut ini adalah tips saat menikmati hidangan masakan khas Idul Adha namun masih menjaga kesehatan tubuh.

1. Perhatikan cara mengolah daging

Mengolah daging sapi

Daging merupakan sesuatu yang sulit untuk dicerna dibanding buah dan sayur. Hal yang perlu diperhatikan adalah memilih daging yang bebas lemak aatu memisahkan lemak terlebih dahulu sebelum memasak. Makanlah daging olahan sapi ataupun kambing secukupnya, jangan berlebih untuk cegah kolesterol meningkat.

 

2. Jalan kaki di pagi atau malam hari

Menjaga kesehatan tidak lengkap tanpa adanya aktivitas fisik seperti jalan kaki cepat. Khususnya di hari Idul Adha dan setelahnya, olahraga sederhana ini mampu melancarkan sistem pencernaan.

 

3. Perbaiki pola makan

Pola makan sehat  Memang, hindangan lezat sudah tersaji dan membuat sangat lapar. Namun, perlu diketahui untuk mengonsumsi sayuran terlebih dahulu. Selain itu, pilihlah air kelapa atau minuman yang tidak mengandung gula.

 

4. Pilihlah minyak sayur

Menggunakan minyak sayur adalah ide yang baik dalam mengolah makanan pada saat Idul Adha. Sebisa mungkin tidak menggunakan mentega dan minyak goreng, karena bisa menambaha kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

 

5. Buah dan sayuran hijau

Setelah makan daging, jangan enggan untuk mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan saat merayakan Idul Adha. Salah satu solusinya adalah, campurkan daging ke dalam salad.

Mengonsumsi jus buah tanpa gula tambahan adalah salah satu ide yang pas.